...'Watashi wa Nippon ga suki'..

...'naneun hangug-eul joh-a'...

............I like korea...........

............I like japan...........

Note : if you do not understand with Indonesian leanguage, you can translate with the translator at the bottom of the red

jika ingin meng copy paste ' artikel yang ada di blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN, tolong cantumkan nama Credit/sumber serta alamat blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN ya ^^

Sunday, May 20, 2012

Belajar Bahasa Korea (Hangeul)

Belajar bahasa korea (bagi pemula)


Bahasa Korea (한국어/한국말) adalah bahasa yang paling luas digunakan di Korea, dan merupakan bahasa resmi Korea Selatan dan Korea Utara. Bahasa ini juga dituturkan secara luas di Yanbian di Cina timur laut. Secara keseluruhan terdapat sekitar 78 juta penutur bahasa Korea di seluruh dunia termasuk kelompok-kelompok besar di Uni Soviet, AS, Kanada dan Jepang. Klasifikasi resmi bahasa Korea masih belum disetujui secara universal, namun dianggap oleh banyak orang sebagai bahasa isolat. Beberapa ahli bahasa memasukkannya ke dalam kelompok bahasa Altaik. Bahasa Korea juga banyak mirip dengan bahasa Jepang yang status kekerabatannya juga kurang jelas.
Sistem penulisan bahasa Korea yang asli — disebut Hangul — merupakan sistem yang silabik dan fonetik. Aksara-aksara Sino-Korea (Hanja) juga digunakan untuk menulis bahasa Korea. Walaupun kata-kata yang paling umum digunakan merupakan Hangul, lebih dari 70% kosakata bahasa Korea terdiri dari kata-kata yang dibentuk dari Hanja atau diambil dari bahasa Mandarin.
Huruf ini dikenalkan oleh Raja Sejong pada abad ke-15, dikenal sebagai Hunmin Jeongeum. Namun istilah Hangul baru dikenal pada permulaan abad ke-20. Setelah Hangeul digunakan pun, Hanja masih tetap dipakai, sedang Hangeul dipakai oleh orang-orang tidak berpendidikan, wanita dan anak-anak.
Namun pada perkembangannya, Hangeul makin banyak digunakan bahkan pada abad ke-19 dan permulaan abad ke-20, penggunaan Hangeul dan Hanja seimbang. Namun kini, Hanja hanya dijumpai pada tulisan-tulisan akademik dan resmi, sedangkan hampir semua papan nama, jalan, petunjuk, bahkan tulisan-tulisan informal ditulis dalam Hangeul.
Bahasa Korea pada dasarnya memiliki dialek-dialek yang saling bertalian satu sama lain. Setiap wilayah dapat memahami dialek lainnya, kecuali dialek Pulau Jeju yang dianggap kurang bisa dimengerti dari dialek-dialek provinsi lainnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi geografis dan sejarah dari pulau jeju itu sendiri yang dekat dengan jepang dan mempunyai sejarah hubungan kebudayaan dan ekonomi dengan jepang yang cukup lama
Belajar bahasa korea menurut saya tidak sesulit dalam mempelajari bahasa Jepang ataupun Mandari tetapi bukan berarti mudah juga dikarenakan dalam mempelajari bahasa asing kita juga harus mempejajari budaya, dan aspek dari penutur bahasa tersebut (dialek dan gaya intonasi dan yang lainya juga harus kita pelajari). Huruf korea atau lebih tepatnya symbol dalam bahasa korea terdiri dari Konsonan, Vokal, Vokal gabungan (ganda) dan Konsonan gabungan (ganda).


abjad Hangul:

Vokal Hangul:
Alpabet Hangul:

Konsonan Lambang dan Pengucapan Hangul:


yang Ini Bisa Kalian Print dan kalian belajar dengan mengkosongkannya kalo tabel yang ini lebih mudah untuk mempelajarinya(kosongin di bagian kotak yang putih):
sebenarnya itu masih banyak lagi, tapi cukup segini aja pasti udah pada pusing ^^

Konsonan Ganda Dalam Hangul:

Vokal Gabungan dan Pengucapannya:

Hangul Dalam Bilangan Korea:

SUSUNAN HANGUL DI KEYBOARD:

nah buat kalian yang mua belajar ngetik hangul, saya berikan susunan abjadnya di keyboard:

Susunan karakter Han-gul di keyboard

Kita bisa liat keyboardnya kayak gni posisi hangulnya :

kalo sudah bisa, baru deh kalian bisa baca yang kayak gini *pletak:

Search Gambar: Google, ratidian.wordpress.com,dan Berbagai sumber
post&edit: Yuna@KBPKfamily
Short History + Repost : allaboutkoreaandjapan.blogspot.com
Take Out with Full Credits!!!

    LinkWithin

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...