...'Watashi wa Nippon ga suki'..

...'naneun hangug-eul joh-a'...

............I like korea...........

............I like japan...........

Note : if you do not understand with Indonesian leanguage, you can translate with the translator at the bottom of the red

jika ingin meng copy paste ' artikel yang ada di blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN, tolong cantumkan nama Credit/sumber serta alamat blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN ya ^^

Sunday, August 19, 2012

Gujeolpan, Hidangan Paling Indah di Korea


Pernahkan Anda merasa tidak tega menyantap sebuah hidangan karena penyajiannya yang sangat indah
sehingga rasanya sayang untuk dilahap? Mungkin Anda akan merasakan hal yang sama jika melihat tampilan dari Gujeolpan, hidangan Korea yang terdiri dari sembilan macam makanan berbeda dalam 1 piring.  Kuliner satu ini, wajib Anda coba selama menjadi turis di Korea Selatan.


 Masakan ini ditemukan pada abad ke-14 sebagai makanan untuk melayani raja dan ratu dari Dinasti Joseon. Hidangan yang cukup rumit ini membutuhkan waktu dan proses memasak yang cukup lama. Kini selain banyak ditemui dalam perjamuan pernikahan Korea dan perayaan tahun baru, Gujeolpan juga disajikan di restoran-restoran yang menawarkan menu hidangan istana.
 
Sesuai dengan namanya, Gujeolpan yang terdiri dari “gu” yang artinya “sembilan”, “jeol” yang artinya “bagian” dan “pan” yang berarti “piring”. Dalam budaya Korea, sembilan dipercaya sebagai angka keberuntungan dan juga bermakna “segala sesuatu dan kelimpahan”. Berbagai warna makanan yang diletakkan biasanya terdiri dari merah, kuning, hitam dan putih. Warna-warna inilah kerap merangsang nafsu makan seseorang sekaligus memesona. Bahan makanan terdiri dari sayur, daging, jamur dan seafood. Di tengah baki diletakkan semacam pancake ala Korea yang disebut Miljeonbyeong.
Gujeolpan dianggap sebagai salah satu hidangan yang paling indah dan penuh warna di Korea. Sembilan bahan yang bagi kedalam masing-masing bagian dengan takaran yang tepat. Cara makannya adalah dengan memilih item yang kita sukai, taruh di piring yang sudah disediakan dan dimakan dengan mencelupkannya di saus kedelai dengan campuran mustard. Cara makan seperti ini menunjukkan adanya nilai harmoni. Selain mempunyai rasa yang lezat, nilai gizi Gujeolpan juga sangat diperhatikan dan mengandung jumlah seimbang dari lima nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
 
Anda bisa mencicipi Gujeolpan di korean tradition house, Han Chae Dang yang terletak di Gyeonggi-do. Restoran menyediakan beberapa makanan tradisional Korea. Anda juga bisa mencicipi Gujeolpan di Seokparang. Restoran tradisional Korea yang berada di Jongno-gu, Seoul ini memang spesialis mengolah makanan khas Istana namun juga menempati bangunan yang merupakan bagian asli dari vila mantan Pangeran Heungson Daewongun.  Untuk mencapai restoran ini Anda bisa menumpang bus hijau nomor 0212, 1020, 1711, 7022 menuju Sangmyun University.

Credit : http://korea.panduanwisata.com/

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...