...'Watashi wa Nippon ga suki'..

...'naneun hangug-eul joh-a'...

............I like korea...........

............I like japan...........

Note : if you do not understand with Indonesian leanguage, you can translate with the translator at the bottom of the red

jika ingin meng copy paste ' artikel yang ada di blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN, tolong cantumkan nama Credit/sumber serta alamat blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN ya ^^

Thursday, September 20, 2012

Protes Anti-Jepang Terus Berlangsung Di China



Drama perebutan pulau antar dua negara kuat di Asia tampaknya tidak akan mereda dalam waktu dekat. Bahkan dalam satu minggu terakhir ini sengketa kepulauan Senkaku, atau dikenal juga sebagai kepulauan Diaoyu di China, keadaannya semakin parah.

Demonstrasi menyebar ke 100 kota di China dengan penjagaan ketat dari pihak kepolisian. Di pusat Chengdu, lebih dari seribu demonstran melambaikan bendera China dan membakar bendera Jepang. Para pejabat China pun turut mendukung gerakan anti-Jepang ini, tetapi mereka memperingatkan pengunjuk rasa untuk tidak melanggar hukum. 


Bukan hanya persoalan sengketa pulau, ratusan tempat usaha yang memiliki penampilan Jepang menutup ruko mereka karena para demonstran mulai menggunakan teror untuk menandai peringatan 14-tahun pendudukan Jepang terhadap China pada tahun 1931. Pengunjuk rasa mulai berani membakar pabrik-pabrik Jepang, menyerang ruko dan toko serta melempar batu ke kedutaan besar Jepang di Beijing.

Para demonstran di Jepang pun tidak tinggal diam, mereka menyerang salah satu konsulat China di Jepang dengan bom asap. Belum ada tanda-tanda bahwa perusahaan Jepang ingin menarik diri dari China, meskipun analis mengatakan bahwa mereka mungkin mempertimbangkan kembali investasi masa depan mereka di sana.

Satu hal yang kita (Indonesia) bisa pelajari dari permasalahan ini adalah; Jepang dan China tetap ngotot mempertahankan kepulauan yang mereka percaya milik mereka. Ingat sengketa pulau antara Indonesia dengan Malaysia? Kok rasanya pemerintah kita tidak ngotot ya?



No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...