...'Watashi wa Nippon ga suki'..

...'naneun hangug-eul joh-a'...

............I like korea...........

............I like japan...........

Note : if you do not understand with Indonesian leanguage, you can translate with the translator at the bottom of the red

jika ingin meng copy paste ' artikel yang ada di blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN, tolong cantumkan nama Credit/sumber serta alamat blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN ya ^^

Sunday, October 14, 2012

Nasi Kari Khas Jepang [Japanese Food]



Curry Rice alias nasi kari ini merupakan hidangan Jepang yang populer. Bumbu kari dengan sentuhan rasa shoyu dan saus tomat membuat sajian kari ini jadi makin unik saja. Tuangkan di atas nasi pulen yang hangat dan nikmati keharuman aroma serta lembutnya saus kari ini. Hmm.. sedap!

Bahan:
300 g Daging Sapi, potong-potong
600 g Bawang Bombay, potong-potong
120 g Wortel
400 g Kentang
200 g Curry Roux, siap pakai
1,200 ml Air atau kaldu
30 ml Kecap
30 g Saus tomat
30 ml Minyak sayur
30 g Mentega


Cara Membuat:
Tumis daging dan sayuran dengan minyak dan mentega didalam wajan sampai bawang bombay berubah menjadi layu dan kecokelatan.
Tambahkan air atau kaldu dan didihkan. Besarkan api, masak hingga sayuran empuk. Angkat.
Tambahkan Kare Roux, aduk hingga lumer.
Masak dengan api kecil selama 10-15 menit sambil aduk-aduk hingga kental.
Angkat. Sajikan panas di atas nasi hangat.

Untuk 10 orang


Kari Jepang
Di Jepang, kari disebut kare (カレー karē?) dan telah menjadi hidangan yang sangat populer di Jepang. Ciri khas kari Jepang adalah kuahnya yang kental karena ditambahkan tepung dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan kari India.

Beberapa contoh kari dalam masakan Jepang:

Karē-raisu (curry rice), kari daging dan sayur-sayuran (kentang, bawang bombay, dan wortel) yang dikuahkan ke nasi
Karē udon (udon kuah kari)
Karē pan (roti goreng berisi kari daging cincang)
Katsu karē (goreng daging babi bersalut tepung panir dengan kuah kari).

Bumbu kari siap pakai berbentuk padat atau bubuk disebut karē-ru (カレールー?, curry roux). Bahan dasar bumbu kari di Jepang adalah tepung dan lemak nabati atau lemak hewani (lemak sapi atau lemak babi).

Kari dikenal orang Jepang pada zaman Meiji setelah Jepang mengakhiri politik isolasi. Kari awalnya adalah makanan Barat yang disajikan untuk pelaut di atas kapal. Kari menjadi populer di Jepang setelah dijadikan ransum di Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dan Angkatan Darat Kekaisaran Jepang. Terigu ditambahkan sebagai pengental kuah kari, agar kuah tidak mudah tumpah sewaktu dimakan di atas kapal yang sering dihantam gelombang.

Sayuran untuk kari Jepang adalah bawang bombay, wortel, kentang, dan kadang-kadang seledri. Rasa rempah-rempah dalam kari kadang-kadang dilunakkan dengan penambahan apel atau madu. Daging yang biasa digunakan adalah daging babi, daging sapi, atau daging ayam. Di bagian utara dan timur Jepang, daging untuk kari biasanya adalah daging babi.

Kari di Korea hampir serupa dengan kari Jepang karena berasal dari zaman penjajahan Jepang.

source : food.detik.com + wikipedia

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...