...'Watashi wa Nippon ga suki'..

...'naneun hangug-eul joh-a'...

............I like korea...........

............I like japan...........

Note : if you do not understand with Indonesian leanguage, you can translate with the translator at the bottom of the red

jika ingin meng copy paste ' artikel yang ada di blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN, tolong cantumkan nama Credit/sumber serta alamat blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN ya ^^

Sunday, November 18, 2012

Mengenal Prefektur di Jepang



Prefektur adalah yurisdiksi di Jepang. Prefektur adalah nama lain dari provinsi, jika di Indonesia di sebut dengan provinsi maka di Jepang di sebutnya prefektur. Jepang memiliki kurang lebih 47 prefektur, dan dibagi menjadi beberapa tingkatan prefektur, kota dan desa.

Tingkat prefektur di bagi menjadi 4, yaitu : (To “都”) merupakan prefektur satu metropolis atau bisa disebut Ibu Kota (Tokyo), (Do “道”) merupakan prefektur satu sirkuit (Hokkaido) ”Istilah ini awalnya digunakan untuk merujuk kepada wilayah Jepang terdiri dari beberapa provinsi”, (Fu “府”) merupakan dua prefektur perkotaan atau dua kota besar (Osaka dan Kyoto), dan (Ken “県”) merupakan 43 prefektur lainnya. Dalam bahasa jepang ke-4 golongan prefektur itu di sebut dengan Todofuken “都道府県”.


Tingkat berikutnya yaitu tingkat subprefektur yang terbagi jadi 2 yaitu subprefektur (Shicho “支庁”) dan distrik (Gun “郡”). Tingkatan Kota dan Desa terbagi menjadi 7, yaitu : Kota Terpilih (Seirei-shitei-toshi “政令指定都市”), Kota Inti (Chukaku-shi “中核市”), Kota Istimewa (Tokurei-shi “特例市”), Kota (Shi “市”), Distrik Kota “Tokyo” (Tokubetsu-ku “特別区”), Kota Kecil (Cho, Machi “町”) dan Desa (Son, Mura “村”). Dan Tingkat kota terpilih cuman ada satu, yaitu Distrik Kota (Ku “区”).

Prefektur juga sering dikelompokkan menjadi sembilan wilayah (Chiho) yakni Hokkaidō, Tōhoku, Kantō, Chūbu, Kansai, Chūgoku, Shikoku, Kyūshū, dan Okinawa. Daerah-daerah yang tidak secara resmi ditentukan, mereka tidak memiliki pejabat terpilih, tidak pula mereka badan hukum. Namun, dalam praktek urutan prefektur berdasarkan lokasi geografis mereka sering digunakan. Berikut ini prefektur dan wilayah Jepang yang kami urutkan dari yang paling utara ke selatan :

Hokkaidō
1. Hokkaidō

Tōhoku
2. Aomori
3. Iwate
4. Miyagi
5. Akita
6. Yamagata
7. Fukushima

Kantō
8. Ibaraki
9. Tochigi
10. Gunma
11. Saitama
12. Chiba
13. Tōkyō
14. Kanagawa

Chūbu
15. Niigata
16. Toyama
17. Ishikawa
18. Fukui
19. Yamanashi
20. Nagano
21. Gifu
22. Shizuoka
23. Aichi

Kansai
24. Mie
25. Shiga
26. Kyōto
27. Ōsaka
28. Hyōgo
29. Nara
30. Wakayama

Chūgoku
31. Tottori
32. Shimane
33. Okayama
34. Hiroshima
35. Yamaguchi

Shikoku
36. Tokushima
37. Kagawa
38. Ehime
39. Kōchi

Kyūshū
40. Fukuoka
41. Saga
42. Nagasaki
43. Kumamoto
44. Ōita
45. Miyazaki
46. Kagoshima

Okinawa
47. Okinawa

source : en.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...