...'Watashi wa Nippon ga suki'..

...'naneun hangug-eul joh-a'...

............I like korea...........

............I like japan...........

Note : if you do not understand with Indonesian leanguage, you can translate with the translator at the bottom of the red

jika ingin meng copy paste ' artikel yang ada di blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN, tolong cantumkan nama Credit/sumber serta alamat blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN ya ^^

Monday, July 16, 2012

KOTRA operasikan sistem darurat pencegahan merosotnya ekspor


Badan Promosi Perdagangan dan Investasi Korea –KOTRA menyatakan pada tgl. 15 Juli bahwa pihaknya telah mulai mengoperasikan sistem darurat untuk mencegah kemerosotan ekspor belakangan ini. 

Tindakan KOTRA itu terpicu atas adanya sinyal berbahaya di bidang ekspor yang telah berperan sebagai penyangga pertumbuhan ekonomi Korea selama ini. 
Rasio pertumbuhan impor dan ekspor Korea dalam paruh pertama tahun ini mengalami penurunan masing-masing 2,6 % dan 0,4 % jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.
Rasio peningkatan ekspor ternyata tetap menurun secara bertubi-tubi selama 3 bulan sejak bulan Maret lalu. 
Dalam triwulan kedua tahun ini, volume ekspor Korea ke pasar terbesar, Cina juga mengalami penurunan sampai 1,2 % dan bahkan jumlah ekspor ke benua Eropa dimana krisis ekonomi global berasal turun sampai-sampai 16 %. 
Sentimen pertumbuhan perusahaan dan konsumsi menjadi buruk dan peningkatan jumlah perekrutan tenaga kerja juga turun sampai ke bawah 400.000 orang dalam 9 bulan belakangan ini. 
Bank Sentral Korea -BOK telah menurunkan angka prospek pertumbuhan ekonomi dalam tahun ini, dari 3,5 % menjadi 3,0 % dan suku bunga standar juga mengalami penurunan hingga 3,0 % hanya dalam 13 bulan. 
Dengan mempertimbangkan situasi serupa, pihak KOTRA membentuk satuan tugas darurat yang mana para tenaga kerja berbakat yang kembali ke tanah air setelah bertugas di luar negeri baru-baru ini, akan turut serta memecahkan kesulitan dari perusahaan-perusahaan Korea secara langsung. 
Informasi pasar yang menargetkan khusus pasar luar negeri akan diupayakan sebaik mungkin sebagai informasi ekspor langsung guna memungkinkan tercapainya kontrak ekspor secara langsung dalam jangka pendek. 
Satuan tugas darurat itu juga akan menerbitkan dan mengedarkan laporan bulanan mengenai pasar luar negeri dan tren para pebisnis, dan meninjau kemampuan global UKM Korea agar menyediakan layanan dan strategi terkait. 
Pada tgl. 26 Juli, pihak KOTRA akan menggelar presentasi untuk menginformasikan arah ke depan guna mempromosikan ekspor. Pihaknya juga mulai melakukan peninjauan sekeliling UKM yang tersebar di provinsi, bersamaan dengan konsultasi dari para pakar. 
Pihak KOTRA sedang mencurahkan upaya semaksimal mungkin kepada negara-negara berkembang, seperti Kolombia, Miyanmar dan Indonesia sebagai pasar berprospek yang dapat menciptakan prestasi dalam jangka pendek.


source kbsworld

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...