...'Watashi wa Nippon ga suki'..

...'naneun hangug-eul joh-a'...

............I like korea...........

............I like japan...........

Note : if you do not understand with Indonesian leanguage, you can translate with the translator at the bottom of the red

jika ingin meng copy paste ' artikel yang ada di blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN, tolong cantumkan nama Credit/sumber serta alamat blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN ya ^^

Thursday, September 13, 2012

Gyeojachae(겨자채) [Korean Food]




Gyeojachae sebagai salah satu hidangan pembuka dibuat dengan mencampurkan berbagai sayur bersama saus mustard. Pada zaman dahulu masakan ini dihidangkan kepada raja untuk merangsang nafsu makan yang hilang. Mustard diperoleh dari buah tanaman mustard dan merupakan rempah-rempah penting yang memiliki rasa pedas bersama bawang putih dan jahe sebelum cabe memasuki Korea.     

Bahan Utama :
(untuk 4 orang)
200g daging sapi, bagian brisket, 600cc air, 20g daun bawang, 10g bawang putih, 80g ketimun, 50g wortel, 90g kol, 125g buah pear, 100cc air, 1/2 sdt gula pasir, 45g buah berangan, 5g biji pinus, 1 butir telur ayam, 1/2 sdm minyak goreng.


Bumbu :
Bahan saus mustard :
1 sdm saus mustard fermentasi, 1 sdt garam, 2 sdm gula pasir, 3 sdm cuka, 3 sdm kaldu





Rebus daging sapi dalam air mendidih setelah direndam dalam air dingin selama 30 menit. Daging sapi, daun bawang, dan bawang putih direbus dengan air dingin di atas api besar selama 20 menit dan kecilkan api menjadi sedang. Setelah 40 menit daging dikeluarkan lalu didinginkan.

Kuahnya disaring dengan memakai kain dan didinginkan

Potong daging sapi yang telah dingin dengan bentuk segi empat berukuran panjang 5cm, tebal 0,3cm, dan lebar 1,5cm.

Potong ketimun, wortel, dan kol dengan ukuran panjang 5cm, lebar 1,5cm, dan tebal dan 0,3cm. Kemudian direndam dalam air dingin.

Potong buah pear yang dikupas kulitnya seperti waktu memotong ketimun dan rendam dalam cairan gula.

Kupas kulit buah berangan dan potong dengan ukuran 0.5cm sesuai dengan bentuknya. Biji pinus dilap dengan bersih.

Buat telur dadar kuning dan putih lalu dipotong seukuran ketimun.

Buat saus mustard.

Tempatkan sayur-sayuran dan daging di piring dengan mustard. Taruh buah berangan di tengahnya dan tempatkan biji pinus di atasnya. Sajikan setelah saus mustard dituangkan di atas bahan-bahan ini.

Tips
☑ Jangan tutup panci ketika merebus daging supaya bau daging hilang
☑ Kaldu disaring dengan kain sebelum dipakai.
☑ Ketimun diolesi dengan garam kasar untuk membersihkan kotoran dan bagian-bagian yang menonjol pada permukaannya. Kemudian dicuci dengan air mengalir.
☑ Buah pear dan apel direndam dalam cairan gula setelah dikupas supaya mencegah warna permukaan buah berubah menjadi coklat. 

source : kbsworld

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...