...'Watashi wa Nippon ga suki'..

...'naneun hangug-eul joh-a'...

............I like korea...........

............I like japan...........

Note : if you do not understand with Indonesian leanguage, you can translate with the translator at the bottom of the red

jika ingin meng copy paste ' artikel yang ada di blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN, tolong cantumkan nama Credit/sumber serta alamat blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN ya ^^

Saturday, May 26, 2012

POLA KALIMAT BAG TERAKHIR (生後)


63.  K.kerja-dasar
K.sifat-i
と おもいます = saya rasa~
K.sifat non-i
K.benda   
contoh:

大学に行くのは むりだと 思う。
saya rasa tidak mungkin untuk melanjutkan ke universitas.

64.  K.kerja-dasar
K.sifat-i
              と いい = betapa baiknya kalau ~
K.sifat non-i
K.benda だ 
contoh:

日本語がじょうずだと いいんだけどね。
betapa baik nya kalau bahasa jepang saya mahir ya..


父や母がげんきだといいんですが。
betapa baik nya kalau ayah dan ibu sehat sih,..

65.  K.kerja-dasar
K.sifat-i
し ~= lagi pula ~
K.sifat non-i
K.benda だ 
contoh:

雨がふっているし、お金もないし、 どこへも行きません。
hujan sedang turun,lagi pula uangpun tidak ada,saya tidak mau pergi kemana-mana.

このマンションはべんりだし、 新しいので、かりたいです。
karena manson ini praktis,lagi pula baru,saya ingin sewa.

今日は暑いし、 もう つかれたから 帰ろう。
hari ini panas,lagi pula karena sudah lelah,mari kita pulang.

はじめは 友達も いないし、ことばも わからないし、ほんとうに さびしかった。
mula-mula saya tidak punya teman,lagi pula bahasa pun tidak mengerti,sungguh sangat kesepian.

66.  K.kerja-dasar
K.sifat-i
から~ = karena ~
K.sifat non-i
K.benda
contoh:

このへやは まどが大きいから 明るいです。
karena ruangan ini jendela nya besar,maka terang.

67.  orang ke3 obyek benda を ほしがります = orang ke 3 ingin ~(benda)
contoh:

ジョギングの後で、学生たちが つめたい水をほしがっている。
sesudah jogging,para pelajar ingin air dingin.

68.  K.kerja-i(imasu) たいです = orang ke 1/orang ke 2 ingin ~
たがります = orang ke 3~ (melakukan sesuatu)
contoh:

うちの子供はその映画を 見たがっています。
anak-nak di rumah (saya) juga ingin nonton film itu.

このマンションに住みたがっている人が多い。
banyak orang ingin tinggal di manson ini.

69.  K.sifat-(i)
           がります= orang ke 3 merasa~
K.sifat non-i
contoh:

れいぼうがないので、子供たちは暑がっている。
karena tidak ada AC,anak-anak merasa kepanasan

急に大きな音がしたので、あかちゃんはこわがってないしまった。
karena tiba-tiba ada bunyi besar,bayi merasa ketakutan dan menangis

70.  K.sifat-(i)
さ = ~nya
K.sifat non-i
contoh:

そのあついじしょのかるさに おどろいた。
saya terkejut dengan ringan nya kamus tebal itu.

私の家の広さはこの家とだいたい同じです。
luas(nya)rumah saya hampir sama dengan rumah ini

71.  K.sifat-i
のに = padahal ~
K.sifat non-i
contoh:

図書館はとても しずかなのに 勉強ができない。
padahal perpustakaan sangat tenang tapi saya tidak bs belajar

たくさん勉強したのに、まだ よくわかりません。
padahal saya sudah banyak belajar,tp belum mengerti dengan baik.

食べ物がたくさんあったのに、おなかがいたくて 食べられなかった。
padahal ada byk makanan, tp perut saya sakit dan tdk bs makan

カメラを買わないで、私のを使えばいいのに。
jangan beli kamera,pakai punya saya saja(padahal boleh)

72.  K.kerja-U のに = untuk ~
contoh:

このレポートを書くのに一か月かかります。
untuk menulis laporan ini sudah makan waktu 1 bulan

料理を作るのに 2時間かかります。
untuk membuat masakan makan waktu 2 jam

73.  K.kerja-U
K.sifat-i
そうだ = katanya~
K.sifat non-i
K.benda だ 

K.kerja-
K.sifat(i) かった
そうだ = katanya dulu ~
K.sifat non-i だった
K.benda だった
contoh:

先生の話では この じしょはとてもいいそうです。
sensei bilang,katanya kamus ini sangat bagus

友達によると、 昨日のテストはかんたんだったそうです。
menurut teman saya,testing kemarin katanya gampang

来週駅の近くでおまつりがあるそうです。
minggu depan katanya ada festival di dekat stasiun

74.  K.kerja-i(masu)
K.sifat(i) そうだ = sepertinya~
K.sifat non-i
contoh:

さいふがポケットから おちそうだよ。
dompetnya sepertinya mau jatuh dari saku loh.

母がいそがしそうだから、てつだいましょう。
karena ibu sepertinya sibuk,mari kita bantu

車のガソリンがなくなりそうです。
bensin mobil seperinya mau(hampir)habis

75.  K.benda らしい = sepertinya~
(berdasarkan apa yg sudah di dengar/di lihat)
contoh:

あしたはいいてんきらしい。
besok sepertinya cuaca baik

教室にだれも いないらしくて、しずかだ。
di kelas sepertinya tidak ada siapa2 dan sepi

学生らしくて もっと 勉強しなさい。
belajar lah lebih giat seperti(layaknya)seorang pelajar

76.  K.kerja-u
K.sifat-i
ようだ = kelihatannya seperti~
K.sifat non-i
K.benda

K.kerja-
K.sifat(i) かった
 ようだ = kelihatannya seperti~(lampau)
K.sifat non-i だった
K.benda だった
contoh:

あの人は先生の ようですね。
orang itu kelihatannya seprti (seorang)guru ya.

彼は つかれて 死んだように ねています。
dia kelelahan dan tertidur(kelihatan)seperti orang sudah mati

みんなが子供のように あそびはじめた。
semuanya sudah mulai bermain seperti anak-2

77.  bentuk dasar かどうか~ = ~atau tidak
contoh:

彼女がこのプレゼントを よろこぶかどうか わかりません。
saya tidak tahu dia senang hadiah ini atau tidak

むすこが大学に入学できるかどうか 知りたいです。
saya ingin tahu putra saya bisa masuk universitas atau tidak

78.  bentuk dasar かもしれない =barangkali~
contoh:

スーパーはあっちかもしれないね。
supermarket barangkali di sebelah sana ya

トノさんは今日も 学校に 来なかった。病気かもしれない。
sdr.tono hari ini pun tidak datang ke sekolah.barang kali sakit.

雨がふるかもしれないから、 傘を持って行った方がいいです。
karena barangkali akan hujan,lebih baik pergi dgn membawa payung

79.  Bentuk dasar
だろう =~でしょう = mungkin ~
K.tanya
contoh:

電話がなったけれど いまごろ だれだろう。
telponnya sudah berdering,waktu begini kemungkinannya siapa ya?

あしたは たぶん 雨が降るだろう。
besok mungkin hujan turun

たぶん明日も 風が強いだろう。
mungkin besok pun angin nya kencang

80.  bentuk dasar ということ  は// ~ = ~ artinya/kenyataannya ~
contoh:

へやの電気がきえているということは たぶんでらも いないでしょう。
listrik di kamar padam,artinya mungkin tdk ada siapa pun

いろいろ しらべて その店が一番安いということがわかった。
setelah periksa kesana-kemari,saya mengerti kenyataannya toko
ini paling murah

81.  bentuk dasar ために ~= demi/gara-gara~
contoh:

日本語の先生に なるために 日本へりゅうがくしました。
demi/untuk menjadi guru bhs jepang,saya sudah melanjutkan studi dijepang

家を建てるために お金をためています。
demi/untuk mendirikan rumah,saya sedang menabung

雨が降っているために道がこんでいます。
gara-gara hujan sedang turun,jalannya macet

雨がふったために しあいが中止された。
gara-gara hujan turun,pertandingan di tunda

82.  K.kerja-U
K.sifat-i
ので = karena~
K.sifat non-i
K.benda

K.kerja-
K.sifat(i) かった
ので = karena dulu ~
K.sifat non-i だった
K.benda だった
contoh:

べんりなので、よく けいたい電話を使います。
karena praktis,saya sering menggunakan HP

こうつうじこが あったので 会社におくれた。
karena ada kecelakaan lalu lintas,sy terlambat ke kantor

新しいごとを始めたので 今日はごあいさつに来ました。
karena saya sudah mulai pekrjaan baru,hari ini saya datang untuk
bersilahturahmi

83.  BENTUK HORMAT
contoh:

意見がある方はどうぞ おしゃってください。
bagi yg ada usulan,silahkan katakan

先生はまだ 見えませんね。
guru belum datang ya

先生は まだ おいでに なるまで 少し 時間がかかります。
sampai guru datang masih memerlukan sedikit waktu lagi

これはおきゃくさまに さしあげるものだから、たべないでください。
karena ini adalah barang untuk di berikan kepada tamu,tolong jangan di makan

これを先生に わたしてくださいませんか。
bisa tolong sampaikan ini kepada guru(untuk saya)?

ぜひい一度うちにいらっしってください。
pastikan lah untuk datang kerumah sekali

山本先生をごぞんじですか。
anda kenal guru yamamoto?

何時に帰られましたか。
sudah pulang jam berapa?

本屋は二回にござおます。
toko buku ada di lantai 2

先生が書いた絵をごらんになりましたか。
anda sudah melihat lukisan lukisan yg sudah di beli guru

おきゃくさまがみえましたら、おうせつしつに ごあんないしてください。
kalau tamunya sudah datang,tolong antarkan ke runag tamu

84.  BENTUK MERENDAH
contoh:

私は先生のおたくで おいしい日本料理をいただきました。
saya sudah makan masakan jepang yg enak di rumah guru

私は先生に作文をなおしていただきました。
saya sudah minta guru memperbaiki karangan saya

にもつは わたしが おとどけいたします。
barang bawaan biar saya yg antarkan

社長は今 電話に 出ておりますので、しばらく お待ちください。
karena direktur sekarang sedang menerima telpon,mohon di tunggu sebentar

85.  BENTUK PERINTAH
contoh:

ひこうきに おくれる。急げ!
terlambat waktu pesawat terbang.cepetan!

早く起きろ。あつまる時間におくれるよ。
cepat bangun.nanti terlambat dari waktu berkumpul lho

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...