63.
K.kerja-dasar
K.sifat-i
と おもいます
= saya rasa~
K.sifat non-i だ
K.benda だ
contoh:
大学に行くのは むりだと 思う。
saya rasa tidak mungkin untuk melanjutkan ke
universitas.
64.
K.kerja-dasar
K.sifat-i
と いい
= betapa baiknya kalau ~
K.sifat non-i だ
K.benda だ
contoh:
日本語がじょうずだと いいんだけどね。
betapa baik nya kalau bahasa jepang saya mahir
ya..
父や母がげんきだといいんですが。
betapa baik nya kalau ayah dan ibu sehat sih,..
65.
K.kerja-dasar
K.sifat-i
し ~=
lagi pula ~
K.sifat non-i だ
K.benda だ
contoh:
雨がふっているし、お金もないし、 どこへも行きません。
hujan sedang turun,lagi pula uangpun tidak
ada,saya tidak mau pergi kemana-mana.
このマンションはべんりだし、 新しいので、かりたいです。
karena manson ini praktis,lagi pula baru,saya
ingin sewa.
今日は暑いし、 もう つかれたから 帰ろう。
hari ini panas,lagi pula karena sudah lelah,mari
kita pulang.
はじめは 友達も いないし、ことばも わからないし、ほんとうに さびしかった。
mula-mula saya tidak punya teman,lagi pula bahasa
pun tidak mengerti,sungguh sangat kesepian.
66.
K.kerja-dasar
K.sifat-i
から~
= karena ~
K.sifat non-i だ
K.benda だ
contoh:
このへやは まどが大きいから 明るいです。
karena ruangan ini jendela nya besar,maka terang.
67.
orang ke3 が
obyek benda を ほしがります = orang ke 3 ingin ~(benda)
contoh:
ジョギングの後で、学生たちが つめたい水をほしがっている。
sesudah jogging,para pelajar ingin air dingin.
68.
K.kerja-i(imasu) たいです =
orang ke 1/orang ke 2 ingin ~
たがります
= orang ke 3~ (melakukan sesuatu)
contoh:
うちの子供はその映画を 見たがっています。
anak-nak di rumah (saya) juga ingin nonton film
itu.
このマンションに住みたがっている人が多い。
banyak orang ingin tinggal di manson ini.
69.
K.sifat-(i)
がります= orang
ke 3 merasa~
K.sifat non-i
contoh:
れいぼうがないので、子供たちは暑がっている。
karena tidak ada AC,anak-anak merasa kepanasan
急に大きな音がしたので、あかちゃんはこわがってないしまった。
karena tiba-tiba ada bunyi besar,bayi merasa
ketakutan dan menangis
70.
K.sifat-(i)
さ =
~nya
K.sifat non-i
contoh:
そのあついじしょのかるさに おどろいた。
saya terkejut dengan ringan nya kamus tebal itu.
私の家の広さはこの家とだいたい同じです。
luas(nya)rumah saya hampir sama dengan rumah ini
71.
K.sifat-i
のに =
padahal ~
K.sifat non-i な
contoh:
図書館はとても しずかなのに 勉強ができない。
padahal perpustakaan sangat tenang tapi saya tidak
bs belajar
たくさん勉強したのに、まだ よくわかりません。
padahal saya sudah banyak belajar,tp belum
mengerti dengan baik.
食べ物がたくさんあったのに、おなかがいたくて 食べられなかった。
padahal ada byk makanan, tp perut saya sakit dan
tdk bs makan
カメラを買わないで、私のを使えばいいのに。
jangan beli kamera,pakai punya saya saja(padahal
boleh)
72.
K.kerja-U のに =
untuk ~
contoh:
このレポートを書くのに一か月かかります。
untuk menulis laporan ini sudah makan waktu 1
bulan
料理を作るのに 2時間かかります。
untuk membuat masakan makan waktu 2 jam
73.
K.kerja-U
K.sifat-i
そうだ
= katanya~
K.sifat non-i だ
K.benda だ
K.kerja-た
K.sifat(i) かった
そうだ =
katanya dulu ~
K.sifat non-i だった
K.benda だった
contoh:
先生の話では この じしょはとてもいいそうです。
sensei bilang,katanya kamus ini sangat bagus
友達によると、 昨日のテストはかんたんだったそうです。
menurut teman saya,testing kemarin katanya gampang
来週駅の近くでおまつりがあるそうです。
minggu depan katanya ada festival di dekat stasiun
74.
K.kerja-i(masu)
K.sifat(i) そうだ
= sepertinya~
K.sifat non-i
contoh:
さいふがポケットから おちそうだよ。
dompetnya sepertinya mau jatuh dari saku loh.
母がいそがしそうだから、てつだいましょう。
karena ibu sepertinya sibuk,mari kita bantu
車のガソリンがなくなりそうです。
bensin mobil seperinya mau(hampir)habis
75.
K.benda らしい =
sepertinya~
(berdasarkan apa yg sudah di dengar/di lihat)
contoh:
あしたはいいてんきらしい。
besok sepertinya cuaca baik
教室にだれも いないらしくて、しずかだ。
di kelas sepertinya tidak ada siapa2 dan sepi
学生らしくて もっと 勉強しなさい。
belajar lah lebih giat seperti(layaknya)seorang
pelajar
76.
K.kerja-u
K.sifat-i
ようだ =
kelihatannya seperti~
K.sifat non-i な
K.benda の
K.kerja-た
K.sifat(i) かった
ようだ
= kelihatannya seperti~(lampau)
K.sifat non-i だった
K.benda だった
contoh:
あの人は先生の ようですね。
orang itu kelihatannya seprti (seorang)guru ya.
彼は つかれて 死んだように ねています。
dia kelelahan dan tertidur(kelihatan)seperti orang
sudah mati
みんなが子供のように あそびはじめた。
semuanya sudah mulai bermain seperti anak-2
77.
bentuk dasar かどうか~
= ~atau tidak
contoh:
彼女がこのプレゼントを よろこぶかどうか わかりません。
saya tidak tahu dia senang hadiah ini atau tidak
むすこが大学に入学できるかどうか 知りたいです。
saya ingin tahu putra saya bisa masuk universitas
atau tidak
78.
bentuk dasar かもしれない
=barangkali~
contoh:
スーパーはあっちかもしれないね。
supermarket barangkali di sebelah sana ya
トノさんは今日も 学校に 来なかった。病気かもしれない。
sdr.tono hari ini pun tidak datang ke
sekolah.barang kali sakit.
雨がふるかもしれないから、 傘を持って行った方がいいです。
karena barangkali akan hujan,lebih baik pergi dgn
membawa payung
79.
Bentuk dasar
だろう =~でしょう =
mungkin ~
K.tanya
contoh:
電話がなったけれど いまごろ だれだろう。
telponnya sudah berdering,waktu begini
kemungkinannya siapa ya?
あしたは たぶん 雨が降るだろう。
besok mungkin hujan turun
たぶん明日も 風が強いだろう。
mungkin besok pun angin nya kencang
80.
bentuk dasar ということ は/が/を ~ = ~ artinya/kenyataannya ~
contoh:
へやの電気がきえているということは たぶんでらも いないでしょう。
listrik di kamar padam,artinya mungkin tdk ada
siapa pun
いろいろ しらべて その店が一番安いということがわかった。
setelah periksa kesana-kemari,saya mengerti
kenyataannya toko
ini paling murah
81.
bentuk dasar ために ~=
demi/gara-gara~
contoh:
日本語の先生に なるために 日本へりゅうがくしました。
demi/untuk menjadi guru bhs jepang,saya sudah
melanjutkan studi dijepang
家を建てるために お金をためています。
demi/untuk mendirikan rumah,saya sedang menabung
雨が降っているために道がこんでいます。
gara-gara hujan sedang turun,jalannya macet
雨がふったために しあいが中止された。
gara-gara hujan turun,pertandingan di tunda
82.
K.kerja-U
K.sifat-i
ので
= karena~
K.sifat non-i な
K.benda な
K.kerja-た
K.sifat(i) かった
ので =
karena dulu ~
K.sifat non-i だった
K.benda だった
contoh:
べんりなので、よく けいたい電話を使います。
karena praktis,saya sering menggunakan HP
こうつうじこが あったので 会社におくれた。
karena ada kecelakaan lalu lintas,sy terlambat ke
kantor
新しいごとを始めたので 今日はごあいさつに来ました。
karena saya sudah mulai pekrjaan baru,hari ini
saya datang untuk
bersilahturahmi
83.
BENTUK HORMAT
contoh:
意見がある方はどうぞ おしゃってください。
bagi yg ada usulan,silahkan katakan
先生はまだ 見えませんね。
guru belum datang ya
先生は まだ おいでに なるまで 少し 時間がかかります。
sampai guru datang masih memerlukan sedikit waktu
lagi
これはおきゃくさまに さしあげるものだから、たべないでください。
karena ini adalah barang untuk di berikan kepada
tamu,tolong jangan di makan
これを先生に わたしてくださいませんか。
bisa tolong sampaikan ini kepada guru(untuk saya)?
ぜひい一度うちにいらっしってください。
pastikan lah untuk datang kerumah sekali
山本先生をごぞんじですか。
anda kenal guru yamamoto?
何時に帰られましたか。
sudah pulang jam berapa?
本屋は二回にござおます。
toko buku ada di lantai 2
先生が書いた絵をごらんになりましたか。
anda sudah melihat lukisan lukisan yg sudah di
beli guru
おきゃくさまがみえましたら、おうせつしつに ごあんないしてください。
kalau tamunya sudah datang,tolong antarkan ke
runag tamu
84.
BENTUK MERENDAH
contoh:
私は先生のおたくで おいしい日本料理をいただきました。
saya sudah makan masakan jepang yg enak di rumah
guru
私は先生に作文をなおしていただきました。
saya sudah minta guru memperbaiki karangan saya
にもつは わたしが おとどけいたします。
barang bawaan biar saya yg antarkan
社長は今 電話に 出ておりますので、しばらく お待ちください。
karena direktur sekarang sedang menerima
telpon,mohon di tunggu sebentar
85.
BENTUK PERINTAH
contoh:
ひこうきに おくれる。急げ!
terlambat waktu pesawat terbang.cepetan!
早く起きろ。あつまる時間におくれるよ。
cepat bangun.nanti terlambat dari waktu berkumpul
lho
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