...'Watashi wa Nippon ga suki'..

...'naneun hangug-eul joh-a'...

............I like korea...........

............I like japan...........

Note : if you do not understand with Indonesian leanguage, you can translate with the translator at the bottom of the red

jika ingin meng copy paste ' artikel yang ada di blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN, tolong cantumkan nama Credit/sumber serta alamat blog ALL ABOUT KOREA AND JAPAN ya ^^

Sunday, June 3, 2012

Pahlawan Di Bidang Sepeda, Eom Bok-dong



Kapal Terbang Ahn Chang-nam Di Langit, Sepeda Eom Bok-dong Di Darat
Pada masa penjajahan Jepang menjelang tahun 1920-an, pilot pertama Korea adalah Ahn Chang-nam dan pahlawan sepeda Eom Bok-dong cukup menghilangkan kesedihan bangsa Korea. Khususnya, atlet sepeda Eom Bok-dong yang menang dengan mampu mengalahkan para atlet sepeda Jepang merupakan jati diri bangsa Korea.

Kelahiran Bintang Sepeda
Diperkirakan sepeda dimasukkan untuk pertama kali ke Korea menjelang era masuknya proses Barat, sehingga dijadikan sebagai sarana pengangkutan bagi kalangan kaya. Pada awal tahun 1900-an, perlombaan balap sepeda mulai digelar untuk mendorong pembelian sepeda, dan perlombagaan sepeda serupa itu mulai diminati saat itu. Dengan demikian, para penjual sepeda membesarkan karyawannya sebagai atlet sepeda seperti halnya atlet Eom Bok-dong.

Eom Bok-dong yang lahir di Seoul pada tahun 1892 mulai bekerja di toko sepeda di kota Pyeongtaek dan mulai berlatih untuk naik sepeda sebagai atlet amatir dengan menempuh jarak antara Seoul dan Pyeongtaek. Namun, pada usia 21 tahun, dia menjadi pahlawan Joseon setelah menang di dalam perlombaan sepeda nasional Joseon. Pertandingan itu diadakan di kota Incheon, Yongsan dan Pyeongyang, namun Eom Bok-dong menempati urutan puncak di pertandingan Yongsan dengan mengalahkan 4 atlet Jepang. Khususnya, di dalam perlombaan Pyeongyang, Eom Bok-dong menempati urutan puncak, dan atlet Hwang Su-bok juga menduduki urutan ke-3, sehingga cukup mengharukan hati bangsa Korea yang ditindas oleh Jepang.

Pahlawan Sepeda
Setelah diberitakan kabar kemenangan Eom Bok-dong, perlombaan sepeda menjadi acara olahraga ternama dan Eom Bok-dong terus memperoleh kemenangan secara berturut-turut. Khususnya, Eom Bok-dong memanfaatkan strategi tersendiri untuk balap sepeda, maka hal tersebut membuat para penonton merasa tegang.

Demikianlah, Eom Bok-dong tetap mempertahankan keunggulannya dalam lomba balap sepeda, namun berbagai peristiwa yang tidak masuk akal juga terjadi untuk merintangi kemenangannya. Misalkan, saat berlangsungnya perlombaan balap sepeda pada tahun 1920, wasit Jepang sengaja menghentikan perlombaan dengan alasan tibanya senja walaupun Eom Bok-dong sudah hampir menang. Dengan demikian, Eom Bok-dong menantang keras terhadap keputusan wasit tersebut dan orang-orang Jepang memukuli Eom Bok-dong. Pada perlombaan balap sepeda yang diadakan pada tahun 1922, Eom Bok-dong mengalami cedera akibat rintangan seorang atlet Jepang, namun dia berhasil memperoleh kemenangan. Setelah itu, Eom Bok-dong terus meraih kemenangan, dan saat dia maju ke perlombaan balap sepeda yang berjarak 10 km pada tahun 1932 dalam usia 48 tahun, dia tetap menang, sehingga memperoleh julukan 'Phoenix.'
 
Walaupun Pahlawan Hilang, Namun Namanya Tetap Cemerlang
Eom Bok-dong yang mampu mengatasi kesulitan apapun menjadi ikon untuk harapan dan jati diri bangsa Korea yang menghilangkan rasa putus asa dibawah penjajahan Jepang. Dia meninggal dunia pada tahun 1951 akibat terkena letusan bom di sebuah gunung sekitar Dongducheon saat pecahnya Perang Korea. Untuk memperingati pahlawan sepeda, Federasi Sepeda Korea mengadakan perlombaan sepeda sejak tahun 1977 dan katanya tahun ini, film mengenai Eom Bok-dong juga akan dibuat. Nah, Eom Bok-dong yang menyatukan bangsa Korea dibawah penjajahan Jepang... Namanya pasti tetap diperingati oleh bangsa Korea.


Source :  http://world.kbs.co.kr/indonesian/program/program_koreanstory_detail.htm?No=40982
Shared By TR@IniSajaMo 
Repost : allaboutkoreaandjapan.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...